Wednesday, 23 September 2020 07:41

Pendadaran Kader Muda Pemanah Berkuda KPBI

Perkumpulan Panahan Berkuda Indonesia (KPBI), melakukan seleksi dan pelatihan kader pemanah berkuda muda Indonesia selama 30 hari di Training Centre KPBI di Payakumbuh, Sumatra Barat.

Dari beberapa calon kader muda under 20 yang diseleksi, terpilih hanya 4 yang bisa mengikuti pelatihan inti memanah berkuda atau Horseback Archery. Mereka berasal dari Jakarta, Bogor, Lampung dan Makasar.

Kader muda dari Lampung diwakili oleh Bagas Satria (19) dari SMA Negeri I Metro, Lampung. Dalam uji coba pertandingan horseback archery, setelah pelatihan berkuda dan memanah dengan disiplin ketat, mereka diberi kesempatan bertanding dengan wakil pemanah berkuda senior.

Dalam uji coba pertandingan itu, Bagas Satria meraih peringkat I kategori trek oval KPBI. Uji coba pertandingan selanjutnya dilakukan di Palembang Sumatra Selatan. Bagas Satria meraih peringkat III trek lingkaran dan peringkat III Korea Style.

Secara umum Bagas Stria mendapat penilaian tertinggi untuk kemampuan riding berkuda. Salah satunya selalu mendapat prioritas mengendalikan kuda-kuda cepat yang memerlukan kemampuan leadership dan keberanian tinggi.

KPBI adalah organisasi yang fokus pada pendidikan kekesatriaan, pengembangan budaya, riset dan ketangkasan memanah berkuda. Dibawah binaan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud serta anggota World Horseback Archery Federation (WTAO) yang dinaungi oleh badan organisasi dunia UNESCO.